Enam Pelajar Indonesia Bersinar di Olimpiade Matematika Internasional 2024   29 Juli 2024  ← Back



Bath, Kemendikbudristek Enam pelajar Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa dengan membawa pulang medali emas dan penghargaan bergengsi lainnya pada ajang 65th International Mathematical Olympiad (IMO) 2024. Acara ini berlangsung pada tanggal 11 s.d. 22 Juli 2024 di Universitas Bath, Inggris.
 
Tim Olimpiade Matematika Indonesia dipimpin dan dibimbing oleh Team Leader Nanang Suryanto, Deputy Leader Aleams Barra, serta Observer A. Fajar Yuliawan. Torehan membanggakan dari ajang IMO 2024 yang mengharumkan nama Indonesia yaitu 1 medali emas, 3 medali perunggu, dan 2 penghargaan honourable mention, setelah sebelumnya di tahun 2023 penghargaan tertinggi hanya medali perak.
 
Lewat persiapan matang dan intensif, keenam pelajar tersebut berhasil menunjukkan kemampuan Indonesia dalam dunia kompetisi matematika internasional. Adapun medali emas diraih oleh Kevin Adi Senjaya yang merupakan pelajar SMAS Kristen BPK Penabur Gading Serpong, medali perunggu diraih oleh Frederico Samuel Halim, pelajar SMA Kristen 1 BPK Penabur Bandung; Ben Robinson, pelajar SMA Kristen Petra 1 Surabaya;  dan Raymond Christopher Tanto, pelajar SMAS Kristen Kalam Kudus Sukoharjo.
 
Selanjutnya, penghargaan honourable mention diraih oleh Maulana Satya Adigama, pelajar SMA Taruna Nusantara dan Timothy William Koesasih, pelajar SMA Kristen Petra 2 Surabaya.
 
Perwakilan Indonesia di Inggris lewat Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia di London turut menyatakan apresiasi atas raihan prestasi yang dicapai Tim Olimpiade Matematika Indonesia.
 
"Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi dari semua pihak yang terlibat, baik siswa, guru, dan para keluarga. Kami berharap kabar keberhasilan ini dapat didengar hingga ke Tanah Air dan menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi di bidang sains dan teknologi,” ucap Atdikbud KBRI London, Khairul Munadi saat menemui Tim Olimpiade Matematika Indonesia, (22/7).
 
Tak ketinggalan, Duta Besar Republik Indonesia Republik Indonesia di London, Kerajaan Inggris Merangkap Irlandia, dan International Maritime Organization (IMO), Desra Percaya, turut menyampaikan rasa bangga terhadap prestasi para jawara matematika muda Indonesia.
 
Dubes Desra juga menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan bakat para generasi muda Tanah Air ini. “Kiranya, di masa mendatang, akan ada medali-medali emas lain yang dibawa pulang oleh siswa Indonesia dalam ajang kompetensi internasional,” tegasnya.
 
Nanang Suryanto selaku Team Leader mengaku bangga dengan prestasi para siswa. Dia menyebut prestasi ini tidak mungkin diraih tanpa hasil kerja keras para siswa dan pengajar olimpiade selama berbulan-bulan.
 
"Saya sangat bangga dengan pencapaian yang telah diraih oleh para siswa. Keberhasilan ini adalah hasil dari latihan yang keras selama berbulan-bulan dan semangat pantang menyerah. Kami yakin prestasi ini akan menjadi motivasi bagi siswa-siswa lain di Indonesia untuk terus berprestasi,” tutur Nanang.
 
Deputy Leader Tim Matematika Indonesia, Aleams Barra ikut menambahkan jika kecerdasan siswa-siswa ini menunjukkan Indonesia masih punya harapan dan potensi besar untuk bersaing di kompetisi akademis internasional, khususnya matematika.
 
"Para siswa kita telah menunjukkan kecerdasan dan kreativitas yang luar biasa dalam mengatasi masalah-masalah matematika yang sangat menantang. Prestasi ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki harapan dan potensi besar untuk bersaing di kompetisi-kompetisi matematika dan akademis internasional lainnya,” pungkas Aleams.
 
Sebagai informasi, International Mathematical Olympiad (IMO) merupakan ajang kompetensi matematika bergengsi yang mempertemukan para pelajar berbakat dari lebih 100 negara. Acara yang digelar setiap tahun ini dibuat untuk menguji kemampuan matematika para pelajar dalam memecahkan soal-soal yang kompleks, mengasah kreativitas serta berpikir kritis dalam menganalisis setiap pertanyaan.
 
Prestasi enam siswa Indonesia di IMO 2024 ini menjadi bukti nyata bahwa Indonesia masih memiliki masa depan yang cerah berkat kehadiran talenta muda hebat yang siap bersaing di tingkat dunia. (Rizky Thesalonika Yulyanti / Editor: Andrew Fangidae, Stephanie, Denty A., Seno Hartono)
 
 
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 115 kali