Digandrungi Ribuan Pendaftar, GEMASTIK 2024 Hasilkan Talenta Muda Berbakat di Bidang TIK  28 September 2024  ← Back



Jakarta, 28 September 2024 - Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) resmi ditutup pada Rabu (25/9). GEMASTIK merupakan ajang kompetisi dan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan wawasan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ajang ini diikuti oleh para mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh universitas yang ada di Indonesia yang mempunyai minat dalam berbagai bidang teknologi. 

GEMASTIK tahun ini dilaksanakan dalam 11 bidang lomba yaitu Pemrograman, Keamanan Siber, Penambangan Data, Desain Pengalaman Pengguna, Animasi, Kota Cerdas, Karya Tulis Ilmiah TIK, Pengembangan Perangkat Lunak, Piranti Cerdas Sistem Benam & IoT, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan Pengembangan Bisnis TIK. Terdapat peningkatan pendaftar di tahun ini. Tercatat di tahun 2023 sebanyak 2.780 pendaftar sedangkan 2024 meningkat menjadi 3.385 pendaftar. 

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Maria Veronica Irene Herdjiono, dalam acara penutupan menyampaikan, “Harapan kami kolaborasi tetap terjaga dan terbangun dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) agar Indonesia bisa mengembangkan digital talent melalui acara penyelenggaraan ini.”

Khusus kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Irene berharap agar perhelatan ini dapat mengenalkan kepada mahasiswa ke berbagai akses yang dapat mereka gunakan untuk menggeluti bidang informasi dan teknologi. 

Wakil Rektor I Universitas Negeri Semarang (UNNES), Zaenuri, di akhir perhelatan ini turut mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaannya kepada UNNES sebagai penyelenggara GEMASTIK ke-17 tahun ini. 

“Acara GEMASTIK telah berlangsung dengan penuh kegembiraan dan tidak ada hal yang negatif karena GEMASTIK ke-17 di UNNES mengedepankan sportivitas. Pada GEMASTIK ini para talenta talenta TIK didukung penuh untuk menyalurkan bakatnya,” terang Zaenuri.

Pada acara penutupan GEMASTIK ini juga Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi, Said Mirza Pahlevi, menyampaikan selamat kepada peserta yang berhasil meraih gelar juara. “Selamat kepada para finalis serta peserta GEMASTIK, yang tentunya ajang tingkat nasional ini diikuti oleh para talenta-talenta terbaik yang telah melalui seleksi dan pembinaan di perguruan tinggi masing-masing,” ucapnya seraya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat untuk menyukseskan gelaran ini. 

Pada bidang Pemograman, Juara 1 diraih oleh Tim sqrt(9)GAG dari Universitas Indonesia. Lalu, Juara 2 diraih oleh Tim Steven x Steven dari Universitas Indonesia. Juara 3 diraih Tim GMAC dari Universitas Gadjah Mada. Juara Harapan diraih Tim microsoft competitor dari Universitas Bina Nusantara. Tim Terbaik Regional 2 diraih oleh Tim Habis Ini Pensi (cius) dari Universitas Tanjungpura. Tim Terbaik Regional 3 diraih oleh Tim Run Error dari Universitas Hasanuddin. 

Sementara untuk bidang Keamanan Siber, Juara 1 diraih Tim PETIR – FlagGPT dari Universitas Bina Nusantara. Juara 2 diraih Tim kessoku no owari dari Institut Teknologi Bandung. Juara 3 diraih Tim AcRtf dari Universitas Brawijaya. Juara Harapan diraih oleh Tim HCS - kos0ng Fans Club dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Best Attacker diraih oleh Mas Jossie tolong maju untuk ambil sembako dari Universitas Gunadarma. Best Defender diraih oleh Tim Sembarang Wes dari Politeknik Negeri Malang.



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id


#MerdekaBelajar

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 464/sipers/A6/IX/2024

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 40 kali