Ditjen Kebudayaan Raih Juara Umum Dalam Lomba Olahraga dan Seni Kemendikbudristek Tahun 2024  06 September 2024  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sukses menggelar Lomba Olahraga dan Seni dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada Jumat (30/8). Pada pelaksanaanya tahun ini, Direktorat Jenderal Kebudayaan berhasil meraih juara umum dan mendapatkan piala bergilir perlombaan.
 
“Selamat untuk Direktorat Jenderal Kebudayaan dan unit utama lainnya yang menjadi pemenang. Selain berkompetisi pada perlombaan, ajang ini juga menjadi penguatan bidang olahraga dan kesehatan untuk semua pegawai Kemendikbudristek,” ujar Ketua Dewan Pengurus Korp Pegawai Negeri (Korpri) Kemendikbudristek, sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Hanjar Basuki, dalam pembagian hadiah Lomba Olahraga dan Seni di Halaman Gedung A Kemendikbudristek, Jumat (6/9).
 
Hanjar berharap, melalui perlombaan tersebut pegawai Kemendikbudristek yang telah menjadi juara dapat meningkatkan ketrampilannya dalam cabang olahraga yang ditekuni, sehingga ke depannya dapat menjadi perwakilan Kemendikbudristek dalam perlombaan antar kementerian.
 
“Perlombaan pada jumat lalu telah menunjukkan ketrampilan dan sportivitas tinggi dari para peserta. Semoga ke depannya perlombaan ini bisa menambah hari dalam rangkaian perlombaan dan menambah cabang olahraga yang dilombakan,” tutup Hanjar.
 
Daftar Pemenang Lomba
 
Pada cabang olahraga beregu Futsal, juara satu diraih oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), juara dua diraih oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi), dan juara ketiga diraih oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PDM).
 
Selanjutnya, cabang olahraga beregu Tenis Meja, juara satu diraih oleh Ditjen Vokasi, juara dua diraih oleh Sekretarian Jenderal (Setjen), dan juara tiga diraih oleh Ditjen PDM. Pada cabang olahraga beregu Tenis Lapangan, juara satu diraih oleh Ditjen PDM, juara dua diraih oleh Ditjen Vokasi, dan juara tiga diraih oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).
 
Pada Cabang olahraga beregu lainnya, juara satu lomba Bulutangkis diraih oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), juara dua diraih oleh Ditjen PDM, dan juara tiga diraih oleh Setjen. Kemudian, cabang olahraga beregu Senam Kreasi, juara satu diraih oleh Ditjen PDM, juara dua diraih oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjen Kebudayan), dan juara tiga diraih oleh Ditjen Vokasi.
 
Pelaksanaan lomba tahun ini turut menghadirkan lomba E-Sport dengan permainan buatan anak Indonesia, yakni Lokapala. Pada pelaksanannya, juara satu cabang olahraga beregu E-Sport diraih oleh BSKAP, juara dua diraih oleh Ditjen Vokasi, dan juara tiga diraih oleh Ditjen Kebudayaan.
 
Selain menghadirkan cabang olahraga beregu, lomba ini juga menghadirkan tiga cabang lomba perseorangan, yaitu Menyanyi Solo, Catur, dan Cipta & Baca Puisi. Pada lomba Menyanyi Solo, juara satu diraih oleh Ditjen Kebudayaan, juara dua diraih oleh Ditjen PDM, dan juara tiga diraih oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).
 
Pada lomba Catur, juara satu diraih oleh Ditjen GTK, juara dua diraih oleh Ditjen Kebudayaan, dan juara tiga diraih oleh Ditjen PDM. Terakhir, juara satu lomba Cipta dan Baca Puisi diraih oleh Ditjen Kebudayaan, juara dua diraih oleh Badan Bahasa, dan juara tiga diraih oleh Setjen.
 
Mengakhiri seluruh rangkaian perlombaan, secara resmi Ditjen Kebudayaan berhasil meraih juara umum dengan mengumpulkan dua medali emas, dua medali perak, dan satu perunggu. Pada posisi kedua, didapati oleh BSKAP dengan raihan dua medali emas, dan posisi ketiga berhasil diraih oleh Ditjen Vokasi dengan total satu medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu. (Penulis: Destian, Editor: Denty)
Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 408 kali