Joshua Calon Sutradara Masa Depan, Peraih Medali Emas FLS2N 2024 Kategori Film Pendek   27 September 2024  ← Back


(Joshua Michael Nainggolan, Peraih medali emas Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Film Pendek 2024)

Jakarta, Kemendikbudristek - Joshua Michael Nainggolan, atau yang akrab disapa Jojo, merupakan peraih medali emas Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 kategori Film Pendek. Jojo merupakan adik dari Norman Jefferson Nainggolan, mahasiswa Royal Conservatoire of Scotland yang menempuh studi melalui Beasiswa Indonesia Maju.

Jojo bercita-cita menjadi sutradara dan penulis skenario dengan harapan karya-karyanya dapat dikenal dan bermanfaat bagi banyak orang. Perjalanan kreatif Joshua dimulai ketika ia mengikuti lomba video online saat pandemi dan berhasil meraih juara pertama. Berangkat dari situ, gurunya menaruh perhatian dan turut mendorongnya berpartisipasi dalam berbagai kompetisi nasional.

Lalu, pada 15 November 2021, Joshua menjadi Karya Nominee dalam Festival Video Edukasi 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sejak saat itu, ia terus berkarya dan meraih banyak penghargaan, termasuk juara dalam berbagai kompetisi internasional dan nasional. 

Karya Jojo dinilai berhasil menarik perhatian juri pada berbagai tingkatan lomba, mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga semifinal, dengan karya berjudul “Segara”. Film ini mengangkat tema perjuangan seorang anak nelayan yang memiliki mimpi untuk menjadi pelukis tersohor namun terhalang oleh kesulitan ekonomi.

Pada tingkat nasional di FLS2N 2024, Jojo bersama Pranadipta Pandu Styawan dan Clarenssa Cavallera menampilkan film berjudul “Kaset Pita”. Tema yang diangkat kali ini ialah mengeksplorasi nilai seni dan budaya sebagai harta yang memberikan jati diri dan makna hidup.

Bagi Jojo, meskipun ia harus melalui proses yang panjang dan mengalami tantangan yang sulit, pengalaman tersebut menjadi berharga dan diharapkan dapat memicu para sineas di seluruh Indonesia untuk terus berkolaborasi dalam menghasilkan karya-karya terbaik yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

Sebelum menutup sesi wawancara, Jojo juga berpesan kepada generasi muda untuk menghabiskan waktu dengan banyak belajar dan terus berusaha menggapai cita-cita. “Meskipun proses syuting Final Film Pendek FLS2N kemarin menghadirkan tantangan dan rasa lelah, semangat dalam diri bahwa "It’s all gonna be worth it" mendorong tim untuk terus berjuang”. Akhirnya, kerja keras mereka terbayar dengan raihan medali emas dalam perlombaan tersebut, mengingatkan bahwa meski dalam keadaan sulit, hasil yang baik akan tercapai,” pungkasnya optimistis. (Steffany Raissa, Anggraeni Kusuma Dewi/Editor: Denty)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 14 kali