Kemendikbudristek Siapkan Gelaran Anugerah Kebudayaan 2024, Apresiasi bagi Penggerak Budaya  12 September 2024  ← Back



Jakarta, 12 September 2024 – Dalam rangka mendorong pelestarian dan pemajuan kebudayaan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) tahun 2024. Acara yang akan berlangsung pada 17 September 2024 di Jakarta ini, mengusung tema “Persembahan Istimewa Bagi Penggerak Budaya”.

Anugerah Kebudayaan Indonesia adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada individu atau lembaga yang berprestasi dan berkontribusi dalam pemajuan kebudayaan di Indonesia. Kegiatan ini merupakan implementasi dari amanat Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pemberian Penghargaan Kebudayaan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Restu Gunawan, menekankan pentingnya penghargaan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada para pelaku budaya. "Anugerah Kebudayaan Indonesia adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada para penggerak budaya yang telah berdedikasi dan berkontribusi dalam upaya pemajuan kebudayaan. Itulah yang menjadi inspirasi tema AKI tahun ini," ujar Restu.

Lebih lanjut, Restu menambahkan bahwa penghargaan ini tidak sekadar sebuah seremoni, namun juga bentuk apresiasi yang mendalam atas konsistensi para pelaku budaya dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. “Para penggerak budaya yang terpilih menjadi penerima penghargaan telah menunjukkan konsistensinya dalam menjaga nilai-nilai warisan budaya serta melakukan inovasi dalam mengembangkan budaya nasional. Apa yang mereka lakukan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk memajukan budaya secara bersama-sama,” pungkasnya.

Sebagai bukti nyata dari dampak Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI), para penerima penghargaan tahun sebelumnya merasakan manfaat yang signifikan, baik secara pribadi maupun kelembagaan. Penghargaan ini bukan hanya menjadi bentuk apresiasi, tetapi juga memberikan dukungan nyata dalam melanjutkan dan mengembangkan upaya pelestarian budaya. Testimoni dari penerima AKI 2023 menggambarkan bagaimana penghargaan ini turut memperkuat komitmen mereka dalam menggerakkan kebudayaan di Indonesia.

Salah satu penerima AKI 2023, Asep Nata, etnomusikolog asal Bandung yang menerima penghargaan kategori Pelopor dan Pembaru, menyampaikan bahwa penghargaan ini membawa kebanggaan bagi dirinya dan keluarga. "Banyak respons positif dan bangga yang saya dan keluarga besar rasakan terhadap aktivitas budaya yang saya geluti. Dana pembinaan yang diberikan juga sangat bermanfaat untuk keluarga saya, serta mendukung dalam mengembangkan berbagai inovasi, khususnya pada bidang etnomusikologi," ujar Asep.

Senada dengan itu, Mizuar Mahdi, Ketua Masyarakat Peduli Sejarah Aceh yang mendapat penghargaan AKI 2023 kategori Pelestari, menambahkan bahwa penghargaan ini memperkuat eksistensi lembaganya. “Masyarakat Peduli Sejarah Aceh semakin diperhitungkan serta ditunggu setiap gerak kerja dan hasil kajiannya. Dana pembinaan yang diterima dari AKI dapat digunakan untuk pengembangan sekretariat dan museum mini yang sedang dikembangkan,” ujar Mizuar.

AKI 2024 akan membagi penerima penghargaan dalam dua jenis. Pertama yaitu Tanda Kehormatan dari Presiden Republik Indonesia, yang terdiri dari Bintang Budaya Parama Dharma dan Satyalancana Kebudayaan. Kemudian, penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) yang mencakup kategori Maestro Seni Tradisi, Pelestari, Pelopor dan/atau Pembaru, Lembaga dan Perorangan Asing, Media, serta Anak. 

Malam puncak AKI 2024 akan dihadiri Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, dan sejumlah Menteri di Kabinet Indonesia Maju, serta dimeriahkan oleh kolaborasi dari sejumlah musisi tanah air. Kemendikbudristek berharap, melalui AKI 2024, seluruh lapisan masyarakat dapat semakin terlibat dalam gerakan pelestarian kekayaan budaya bangsa dan bersama-sama memajukan kebudayaan Indonesia. 




Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id


#MerdekaBelajar

Sumber : Siaran Pers Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 439/sipers/A6/IX/2024

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 27 kali