KILA 2024: Rayakan Persahabatan dan Budaya Indonesia Lewat Lagu Anak  06 September 2024  ← Back




Jakarta, 6 September 2024 –
Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (Dit. PMM), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar pentas musik Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA) Tahun 2024, pada Jumat (6/9) di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta.

Dengan tema “Simfoni Sahabat Nusantara”, acara musikal ini mengangkat pesan tentang persahabatan dan penguatan karakter anak Indonesia dengan teman-teman dan keluarganya, serta pemahaman akan keragaman budaya Indonesia.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra, menyampaikan bahwa sejak tahun 2020, Direktorat Jenderal Kebudayaan telah menginisiasi program KILA. “Melalui KILA, kita ingin memastikan tersedianya lagu anak yang berkualitas, membangun karakter anak bangsa lewat lagu, dan memastikan anak-anak dapat terhubung dengan lagu yang sesuai usia mereka,” urai Mahendra.

KILA 2024 sendiri memiliki misi untuk menyosialisasikan lagu-lagu anak Indonesia yang berkualitas dan membawa pesan positif. Lagu dapat menjadi media efektif untuk menanamkan perilaku berbudaya pada anak-anak, serta mengajarkan mereka tentang kekayaan budaya di Indonesia.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan melalui roadshow Jumpa KILA di beberapa kota, dengan kunjungan ke sekolah-sekolah, yang kemudian diakhiri dengan Pentas Musik Anak Indonesia. Adapun beberapa kota yang dikunjungi KILA 2024 meliputi Surabaya, Solo, Jakarta, dan Palembang. Kunjungan mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat. “Hal ini menunjukkan bahwa KILA semakin diterima di masyarakat, serta ada kepedulian serta kebutuhan akan lagu-lagu anak yang berkualitas,” lanjut Mahendra.

Rangkaian KILA secara umum melibatkan para pencipta lagu anak untuk menampilkan karya mereka pada lomba cipta lagu anak dan lomba aransemen lagu anak. Hingga kini, program KILA telah menghasilkan 22 judul lagu anak. Kemudian untuk mempopulerkan karya cipta tersebut, program ini memiliki lomba menyanyi lagu anak dengan dua kategori usia, yaitu 5 s.d. 7 tahun dan 8 s.d. 13 tahun. Untuk tahun 2024 sendiri, jumlah peserta KILA untuk seluruh kategori berjumlah 1.315 orang.

Puncak pentas KILA semakin meriah dengan penampilan para Duta KILA tahun sebelumnya dan pemenang lomba menyanyi KILA 2024 yang membawakan beberapa lagu hasil lomba cipa lagu dan aransemen. Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang dan peserta terpilih untuk setiap kategori.

Dalam kesempatan tersebut, Mahendra juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan KILA 2024 dan tetap konsisten dalam membangun ekosistem yang mendukung perkembangan lagu anak-anak.

Melalui kegiatan ini, diharapkan anak Indonesia dapat kembali menyenandungkan lagu-lagu yang membawa pesan positif dan sesuai dengan usia mereka.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id


#MerdekaBelajar

Sumber : Siaran Pers Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 426/sipers/A6/IX/2024

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 78 kali