Pembangunan Gedung Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Upaya Penguatan Kebahasaan dan Kesastraan  13 September 2024  ← Back



Bengkulu, 13 September 2024 – Seremoni peletakan batu pertama dan penanaman penghijauan yang menandai pembangunan Gedung Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu telah berlangsung pada Kamis (12/9). Acara ini merupakan wujud nyata komitmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam memperkuat tugas dan fungsi di bidang kebahasaan dan kesastraan di Provinsi Bengkulu. 

Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 64/Kep/2008 tanggal 9 September 2008 tentang Pembentukan Delapan Kantor Bahasa Baru, serta persetujuan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor B/2795.6/M.PAN/9/2008. Kantor ini secara resmi mulai beroperasi pada 10 Desember 2009, dengan tujuan meningkatkan pengelolaan dan pengembangan kebahasaan dan kesastraan di daerah tersebut.

Dalam sambutannya, Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin, mengungkapkan bahwa pembangunan Gedung Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu adalah manifestasi dari komitmen pemerintah pusat dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Bengkulu, terutama dalam pengembangan dan pembinaan di bidang kebahasaan dan kesastraan. 

Hafidz menambahkan bahwa kehadiran gedung baru ini diharapkan akan menjadi kebanggaan masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan kolaborasi dengan berbagai mitra untuk memperbaiki tingkat literasi di daerah tersebut. “Mengingat angka literasi yang masih tergolong rendah, kantor ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan pemahaman literasi, tidak hanya dalam hal baca tulis, tetapi juga dalam pembentukan karakter dan kecerdasan generasi masa depan,” jelas Hafidz. 

Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa Kemendikbudristek, Triyantoro, juga menegaskan komitmen pemerintah pusat dalam mengkoordinasikan tugas dan fungsi kebahasaan serta kesastraan di Provinsi Bengkulu. Dengan mempertimbangkan luas wilayah dan tantangan yang dihadapi, Triyantoro menyatakan bahwa kehadiran kantor ini akan memastikan pengelolaan dan pelaksanaan fungsi kebahasaan dan kesastraan yang lebih efektif dan efisien wilayah Provinsi Bengkulu.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Dwi Laily Sukmawati, memaparkan bahwa pembangunan gedung ini secara bertahap terus berjalan. “Saya harap agar seluruh pemangku kepentingan dapat memberikan doa, dukungan, dan pengawalan untuk memastikan bahwa rencana pembangunan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan,” ucapnya. 

Acara peletakan batu pertama dan penghijauan Gedung Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, Widyarosita; Kepala Balai Guru Penggerak, Hendra Apriawan; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin; serta perwakilan pejabat lainnya dari Provinsi Bengkulu. Kehadiran mereka menegaskan dukungan dan antusiasme terhadap upaya peningkatan kualitas kebahasaan dan kesastraan di provinsi tersebut.

Sebelum menutup, Laily menyampaikan  pembangunan gedung ini, diharapkan Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu akan semakin mampu menjalankan peran dan fungsinya dalam mengembangkan kebahasaan dan kesastraan, serta mendukung pembentukan generasi yang cerdas dan berkarakter di masa depan. 





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 441/sipers/A6/IX/2024

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 25 kali