UPI dan Universitas King Abdulaziz Jalin Kerja Sama Strategis Pendidikan  12 September 2024  ← Back


 
Jeddah, Kemendikbudristek – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan College of Education King Abdulaziz University di Jeddah menandatangani perjanjian kerja sama strategis yang bertujuan untuk meningkatkan pertukaran akademik dan kolaborasi penelitian, pada Selasa (10/9).
 
Perjanjian yang ditandatangani oleh Rektor UPI, M. Solehuddin dan Dekan College of Education King Abdulaziz University, Ali Hasan AlNajmi, menguraikan beberapa bidang kerja sama utama, termasuk program pertukaran dosen dan mahasiswa: Memfasilitasi pergerakan staf akademik dan mahasiswa antara kedua lembaga untuk mendorong pertukaran budaya dan mempromosikan proyek penelitian bersama.
 
Lalu, Penelitian dan publikasi bersama: Mendorong inisiatif penelitian kolaboratif dan penulisan bersama artikel ilmiah di jurnal internasional terkemuka, dan Profesor tamu: Mengundang profesor terkemuka dari kedua universitas untuk melakukan penelitian dan mengajar di lembaga mitra.
 
Berikutnya, Program gelar ganda: Mengembangkan program gelar ganda yang menawarkan kepada mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan gelar dari kedua UPI dan College of Education King Abdulaziz University.
 
Kemudian, konferensi internasional: Menyelenggarakan konferensi akademik bersama untuk mengumpulkan peneliti dan pendidik dari seluruh dunia.
 
Kerja sama ini difasilitasi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Indonesia di Riyadh, Badrus Sholeh, yang menyatakan antusiasmenya terhadap kolaborasi tersebut. Hal ini sejalan dengan kepentingan bersama kedua lembaga.
 
Sementara itu, Dekan AlNajmi menyoroti reputasi akademik UPI yang kuat, khususnya peringkatnya dalam QS World University Rankings by Subject untuk pendidikan. Ia menyatakan komitmennya untuk mendorong proyek penelitian bersama antara anggota fakultas dari kedua universitas.
 
Upacara penandatanganan ini mengikuti keberhasilan penyelenggaraan The 1st  International Conference on Education, Leadership and Management (ICELM) di Jeddah, yang dibuka oleh Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad.
 
Makalah konferensi yang disajikan pada acara tersebut akan dikompilasi menjadi prosiding internasional yang terindeks. Presentasi yang menonjol termasuk studi oleh Badrus Sholeh dan Anis Fuadah Z., yang mengeksplorasi peran sekolah Indonesia di luar negeri dalam mempromosikan diplomasi budaya.
 
Sementara itu, Koordinator panitia konferensi, Syarip Hidayat (Koordinator Program/ Kaprodi Pasca Sarjana UPI Tasikmalaya), mengucapkan terima kasih atas bantuan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Jeddah, Yusron B.Ambary, dan Atdikbud Badrus Sholeh atas penyelenggaraan konferensi internasional ini.
 
“Terima kasih juga kepada Dekan College of Education King Abdulaziz university Jeddah, Ali Hasan AlNajmi Yang berkenan menjalin kolaborasi penyelenggaraan konferensi. Demikian juga Bapak/Ibu guru Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Jeddah Dan Sekolah Indonesia Makkah yang telah hadir dalam konferensi serta menjadi anggota tim penulis,” tutupnya. (Atdikbud Riyadh/Editor: Rayhan, Denty)


 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 239 kali