Kemendikbudristek Terus Tingkatkan Basis Data Talenta Nasional Melalui Bimtek SIMT dan Kurasi  14 Oktober 2024  ← Back


Yogyakarta, Kemendikbudristek — Sebagai upaya meningkatkan basis data talenta nasional untuk mendukung program Manajemen Talenta Nasional (MTN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurasi dan Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) secara serentak pada Kamis, 10 Oktober 2024 di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magetan, Jawa Timur.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman satuan pendidikan, penyelenggara ajang, dan pengusul kurasi mandiri terkait mekanisme pengajuan kurasi. Sebelumnya, Kemendikbudristek telah mengembangkan SIMT dan Kurasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2023. Keduanya, sebagai pangkalan data talenta nasional dalam mendukung pengembangan talenta nasional yang terintegrasi dan berkelanjutan.
 
“Pusat Prestasi Nasional mempunyai tugas untuk mengidentifikasi dan mengembangkan para talenta-talenta yang berpotensi. Kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menghimpun informasi terkait talenta-talenta berprestasi,” ujar Kepala Puspresnas, Kemendikbudristek, Maria Veronica Irene Herdjiono, pada Kamis (10/10).  
 
Irene berharap melalui kegiatan ini satuan pendidikan, penyelenggara ajang, pengusul kurasi mandiri, dan pemangku kepentingan dapat memahami dan memaksimalkan perannya dalam mendukung pengembangan talenta khususnya dalam mendukung MTN.
 
“Kami ingin lebih mengenalkan SIMT dan Kurasi serta mengajak seluruh peserta yang hadir untuk memahami serta menyebarluaskannya. Upaya ini diharapkan dapat mendukung pengembangan talenta nasional secara terintegrasi dan berkelanjutan untuk menuju Indonesia Emas 2045,” jelas Irene.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 108 Tahun 2024 tentang Desain Besar Manajemen Talenta Nasional (DBMTN) pada 30 September 2024. Sebagai tindak lanjut, pemerintah telah meluncurkan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional (MTN) 2024-2045.

Dalam mendukung MTN, Kemendikbudristek telah memiliki SIMT dan Kurasi yang berperan penting dan strategis dalam mendata serta menjaring talenta yang unggul. Hingga saat ini telah tercatat sebanyak 130 ribu talenta dengan berbagai tingkatan pada SIMT.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori, menyambut baik pelaksanaan Bimtek SIMT dan Kurasi dalam rangka pengembangan talenta. “Saya menyambut baik Bimtek mengenai SIMT dan Kurasi. Dengan adanya SIMT dan Kurasi pelaksanaan pengembangan talenta akan lebih sistematis dan kita akan memiliki database,” tuturnya.
 
Budi menambahkan, bahwa satuan pendidikan, dinas pendidikan, dan orang tua dapat memanfaatkan SIMT dan Kurasi dalam beragam hal. “Penting sekali manfaatnya dalam memberikan penghargaan, pelaksanaan PPDB, dan utamanya bagaimana kita tahu secara sistematis dalam mengembangkan bakat dan minat anak secara dini,” kata Budi.
 
Selanjutnya, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, SMP Budya Wacana Yogyakarta, Theodora Eva Fellena, mengatakan peserta didiknya semakin bersemangat untuk lebih berprestasi berkat adanya SIMT dan Kurasi.
 
“Banyak manfaat yang diperoleh siswa kami berupa portofolio dan catatan prestasi dari SIMT sehingga memacu siswa kami untuk lebih berprestasi,” kata Theodora.
 
Ia menilai dengan diselenggarakannya bimtek ini para satuan pendidikan dapat lebih memahami pemanfaatan SIMT dan Kurasi. “Terima kasih kepada Kemendikbudristek khususnya Puspresnas karena kami sebagai satuan pendidikan mendapatkan kesempatan untuk mendalami mendalami SIMT dan Kurasi sehingga jauh lebih mendapatkan banyak informasi yang akurat,” tutup Theodora.
 
Acara ini diselenggarakan secara serentak di dua lokasi yaitu D.I Yogyakarta dan Magetan, Jawa Timur dan dihadiri oleh Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, satuan pendidikan, perguruan tinggi, dan penyelenggara ajang. Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang SIMT dan Kurasi kepada satuan pendidikan, penyelenggara ajang, dan pengusul kurasi mandiri.
 
Sebagai informasi, SIMT merupakan pangkalan data talenta nasional berisi informasi prestasi peserta didik yang bersumber dari ajang-ajang yang diselenggarakan oleh Puspresnas/BPTI dan hasil kurasi. Adapun Kurasi merupakan proses mengidentifikasi, menilai, menyimpulkan, dan memberikan pengakuan resmi oleh Kementerian kepada suatu ajang talenta dan/atau prestasi talenta peserta didik
 
Untuk laman SIMT dapat diakses melalui tautan: https://simt.kemdikbud.go.id/ dan laman kurasi melalui: https://kurasi-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/.




Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 253 kali