Lantik Pejabat, Mendikdasmen Tegaskan Komitmen Pendidikan untuk Semua  ( 07 Januari 2025, Dilihat 2919 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melaksanakan Pelantikan Pejabat Manajerial Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Perpustakaan Nasional, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Pendidikan Dasar Dan Menengah, serta Penyerahan Keputusan Pengangkatan Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia (KNIU) untuk UNESCO, di Graha Utama, Gedung A Kemendikdasmen, Jakarta, pada Selasa (7/1).
 

Program Makan Bergizi Gratis Jadi Sarana Penguatan Karakter  ( 07 Januari 2025, Dilihat 3945 kali . )
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti, meninjau pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis yang dimulai hari ini di SMP Negeri 12 Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (6/1). Pada pelaksanaan perdana ini, program serentak dijalankan di 190 titik Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) di 26 provinsi. Kemudian hingga akhir Januari nanti akan ditingkatkan menjadi 943 titik SPPG di seluruh Indonesia.
 

Upacara di SMAN 3 Semarang, Mendikdasmen Kenalkan Dua Kebijakan Baru  ( 06 Januari 2025, Dilihat 324 kali . )
Memasuki semester genap tahun ajaran 2024/2025, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti, melakukan kunjungan kerja di Semarang dan bertindak sebagai pembina upacara di SMAN 3 Semarang (6/1). Di hadapan semua peserta upacara, yang berasal dari SMAN 3 dan SMAN 5 Semarang, Mendikdasmen mengenalkan dua kebijakan baru Kemendikdasmen, yaitu 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dan Pagi Ceria.
 

Kemendikdasmen Sambut Baik Dukungan UNFPA dalam Bidang Kesehatan Reproduksi  ( 04 Januari 2025, Dilihat 244 kali . )
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, menerima kunjungan dari Representative United Nations Population Fund (UNFPA), Mr. Hassan Mohtashami, Jumat (3/1). Dalam kunjungan tersebut Menteri Mu’ti menyambut baik upaya UNFPA yang ingin membantu dalam mendukung program prioritas kementerian dalam bidang kesehatan reproduksi.
 

Kerja Sama Kemendikdasmen dan KLH untuk Pendidikan Ramah Lingkungan  ( 04 Januari 2025, Dilihat 364 kali . )
Langkah penting dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan diambil melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Acara ini dilangsungkan dalam rangkaian Aksi Bersih Sampah Laut di Pantai Kuta, Bali, pada Sabtu (4/1), yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, Menteri Lingkungan Hidup, Hanif Faisol Nurofiq, serta sejumlah pejabat tinggi lainnya.
 

Kemendikdasmen Berkomitmen Mewujudkan Lingkungan Pendidikan yang Nyaman  ( 03 Januari 2025, Dilihat 1783 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) kembali menunjukkan komitmennya dalam menciptakan sistem pendidikan yang inklusif, berkualitas, dan relevan dengan kebutuhan zaman melalui penyelenggaraan Taklimat Media Akhir Tahun 2024. Taklimat ini bertujuan untuk memberikan laporan capaian kinerja Kemendikdasmen selama tahun 2024 dan paparan mengenai arah kebijakan pendidikan pada tahun 2025. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 60 wartawan dari berbagai media nasional tersebut, menjadi sarana penting untuk menyampaikan berbagai program unggulan yang dijalankan Kemendikdasmen, termasuk langkah-langkah penanganan masalah kekerasan dan bullying di dunia pendidikan.
 

Permendikbudristek Nomor 67 Tahun 2024 Jadi Ruang Orpfrof Guru Untuk Aktualisasi Kompetensi Diri  ( 02 Januari 2025, Dilihat 979 kali . )
Organisasi Profesi (Orprof) Guru merupakan wadah yang memiliki peran penting untuk membantu guru agar memiliki kemampuan adaptif dengan berbagai perubahan dan memiliki ketahanan (resiliensi) terhadap tantangan. Demikian dikatakan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Nunuk Suryani dalam keterangannya di Jakarta, (2/1).
 

Peresmian Gedung Kantor Bahasa Provinsi Banten: Wadah Baru Penguatan Literasi Masyarakat Banten  ( 31 Desember 2024, Dilihat 1889 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), melalui Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Badan Bahasa), menyelenggarakan peresmian Gedung Kantor Bahasa Provinsi Banten (KBPB) pada Senin, 30 Desember 2024. Kegiatan ini diramaikan dengan berbagai agenda, seperti Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pementasan Wayang Nganjor, Peluncuran Buku Anak Dwibahasa, Penyuluhan Bahasa, Simulasi UKBI, serta Praktik Baik Komunitas Literasi.
 

Taklimat Media Akhir Tahun 2024: Komitmen Kemendikdasmen untuk Pendidikan Inklusif dan Berkualitas  ( 31 Desember 2024, Dilihat 2554 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menyelenggarakan Taklimat Media Akhir Tahun 2024 sebagai bagian dari pelaporan capaian kinerja kementerian selama tahun 2024 dan paparan arah kebijakan pendidikan pada tahun 2025. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Fajar Riza Ul Haq dan Atip Latipulhayat, pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemendikdasmen serta dihadiri lebih dari 60 wartawan dari berbagai media nasional.
 

Peningkatan Kompetensi & Kesejahteraan Guru melalui Program Pendidikan Profesi Guru  ( 28 Desember 2024, Dilihat 1596 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Direktorat Jenderal Guru & Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) telah melaksanakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) tahun 2024. PPG bagi Guru Tertentu di tahun 2024 dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 1 dengan jumlah peserta sebanyak 90.487 peserta, Piloting tahap 2 sebanyak 211.068 peserta, dan di tahap 3 sebanyak 305.046 peserta. Dengan total keseluruhan peserta sebanyak 606.601 PPG bagi Guru Tertentu tahun 2024 dengan kelulusan sejumlah 598.558 (98,59%). Ini merupakan pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Guru yang telah lulus PPG berhak mendapatkan sertifikat pendidik dan tunjangan sertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada tahun berikutnya.
 

Membanggakan, Pelajar SIKK Raih Medali Emas dan Perak di Ajang YPAC 2024  ( 27 Desember 2024, Dilihat 2509 kali . )
Lima Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Sabah, kembali meraih prestasi di tingkat internasional. Para pelajar yang tergabung sebagai Tim Tari Prabu SIKK itu meraih 1 medali emas dan 1 medali perak dalam ajang Asia Pacific Youth Performing Arts Championship (YPAC-5) Malaysia 2024, yang  diselenggarakan di Panggung Bandaraya Kuala Lumpur (City Theatre), Kuala Lumpur, 20-23 Desember 2024.
 

Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat: Membentuk Generasi Berkarakter  ( 27 Desember 2024, Dilihat 100734 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) secara resmi meluncurkan Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, sebuah inisiatif strategis untuk mewujudkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul, yang merupakan bagian dari Asta Cita ke-4 dalam visi pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming, di Jakarta, pada Jumat (27/12). Gerakan ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan positif yang dapat membentuk karakter anak-anak Indonesia agar menjadi generasi yang sehat, cerdas, dan berkarakter unggul.
 

Wamendikdasmen Dorong Generasi Muda untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 di JPTB XI 2024  ( 24 Desember 2024, Dilihat 2483 kali . )
Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Fajar Riza Ul Haq, menghadiri dan menjadi pembicara kunci dalam Jambore Pelajar Teladan Bangsa (JPTB) XI 2024 yang berlangsung di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE), Malang.
 

Implementasi Pendidikan Bermutu untuk Semua sebagai Komitmen Bersama Pemerintah dan Daerah  ( 24 Desember 2024, Dilihat 1521 kali . )
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, menghadiri kegiatan Diskusi Arah Kebijakan Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan bersama para pemangku kebijakan pendidikan wilayah Jawa Barat. Dalam kesempatan ini, Mendikdasmen mengungkapkan pentingnya mendengarkan aspirasi serta masukan dari para pemangku kepentingan pendidikan di daerah sebagai pijakan dalam merumuskan kebijakan nasional.
 

Diskusi Strategis untuk Pendidikan Bermutu di Jawa Barat  ( 23 Desember 2024, Dilihat 382 kali . )
Dalam upaya mengimplementasikan visi pendidikan bermutu untuk semua, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Diskusi Arah Kebijakan Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Bandung, Senin (23/12). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaring masukan dari berbagai pemangku kepentingan mengenai potensi dan tantangan di bidang pendidikan, sekaligus menyelaraskan strategi peningkatan mutu pendidikan di Jawa Barat.
 

Delapan Stan Pameran Dukung Peluncuran Tiga Inisiatif Penting Pengembangan PAUD di Asia Tenggara  ( 20 Desember 2024, Dilihat 2852 kali . )
Southeast Asian Ministers of Education Regional Centre for Early Childhood Care and Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) sukses menyelenggarakan peluncuran Policy Brief pengembangan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) di Asia Tenggara, Modul Pengasuhan Gembira, dan Aplikasi Anaking. Acara ini dimeriahkan oleh delapan stan pameran yang menghadirkan berbagai inovasi, program, dan produk unggulan dari institusi pendidikan serta mitra strategis yang berkontribusi dalam pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD).
 

Penguatan PAUD HI melalui Kebijakan, Keterlibatan Orang tua, dan Inovasi Digital  ( 20 Desember 2024, Dilihat 3312 kali . )
Pendidikan Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) merupakan sebuah proses komprehensif untuk mendukung perkembangan kognitif, fisik, emosi, dan sosial seorang anak sejak kecil. Pertumbuhan anak yang baik dapat melahirkan insan yang berkualitas dan berbudi pekerti di masa yang akan datang. Oleh karena itu Peluncuran Risalah Kebijakan PAUD HI, Modul PAUD, dan aplikasi Anaking pada tanggal 19 Desember 2024 bersama Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) di Plaza Insan Berprestasi Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), telah sejalan dengan program nasional Wajib Belajar 13 tahun yang hadir sebagai salah satu upaya mendukung rencana mewujudkan PAUD HI.
 

Kemendikbudristek Raih Peringkat Kedua dalam Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan 2024  ( 20 Desember 2024, Dilihat 1321 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali mencatatkan prestasi membanggakan dengan menempati peringkat kedua dalam Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2024. Penghargaan ini diumumkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai hasil evaluasi kinerja tata kelola arsip nasional yang dilaksanakan sepanjang tahun 2024.
 

Upaya Menjaga Eksistensi Bahasa Daerah Melalui Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi Maluku Tahun 2024  ( 20 Desember 2024, Dilihat 303 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Balai Bahasa Provinsi Maluku menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Provinsi Maluku Tahun 2024 di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (18/12). Festival tersebut merupakan tahapan terakhir dari kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) di lima kabupaten, yaitu Kepulauan Aru, Maluku Tenggara, Buru, Seram Bagian Timur, dan Kepulauan Tanimbar. Program ini bertujuan untuk mempertahankan eksistensi bahasa daerah di Provinsi Maluku agar tidak punah.
 

Sinergi Kursus dan Pelatihan untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu  ( 20 Desember 2024, Dilihat 1297 kali . )

Jakarta, Kemendikdasmen – Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Kursus dan Pelatihan menggelar bincang kursus bertajuk “Sinergi Mewujudkan Pendidikan Bermutu Melalui Kursus dan Pelatihan untuk Semua”. Acara ini menekankan pentingnya kursus dan pelatihan sebagai solusi untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan industri.

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Jenderal dan Vokasi, Tatang Muttaqin, menegaskan pentingnya pendidikan nonformal sebagai pelengkap pendidikan formal. Menurutnya, kursus dan pelatihan memberikan keterampilan praktis yang berorientasi pada kompetensi, terutama bagi individu berusia 15-25 tahun yang tidak dapat melanjutkan pendidikan formal.

“Pendidikan nonformal membantu anak-anak yang telah menyelesaikan pendidikan formal atau mereka yang putus sekolah untuk mendapatkan keterampilan baru yang relevan dengan dunia usaha atau wirausaha,” ujarnya. Selain itu, fleksibilitas pendidikan nonformal memungkinkan peserta didik yang berada di daerah marginal atau terpencil untuk tetap memperoleh akses pelatihan yang berkualitas.

Ia juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga kursus, dunia usaha, dan industri dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung. Selain itu, ia menekankan perlunya penyusunan standar kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan peran lembaga sertifikasi profesi untuk menjamin mutu lulusan.

Kolaborasi dengan lembaga sertifikasi profesi menjadi salah satu fokus utama dalam diskusi ini. Sertifikasi kompetensi diharapkan menjadi pengakuan resmi terhadap keterampilan yang dimiliki peserta pelatihan. “Sertifikasi sangat penting, karena selain kualifikasi pendidikan, sertifikat kompetensi menjadi bukti daya saing individu di dunia kerja,” tegasnya

Tatang menyampaikan pentingnya pelatihan bagi instruktur agar keterampilannya tetap relevan dengan perkembangan industri terkini. Pelatihan magang di industri dinilai mampu memberikan pengalaman nyata yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di lembaga kursus.

Di sisi lain, Perwakilan Kadin Indonesia, Masbukhin, menyoroti pentingnya pendekatan berbasis pasar dalam pengelolaan lembaga kursus. Menurutnya, lembaga kursus harus peka terhadap kebutuhan pasar di daerah masing-masing agar program pelatihannya relevan dan memiliki daya tarik.

“Jika jurusan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar, pasti peminatnya akan banyak. Selain itu, pengelolaan yang baik, harga yang sesuai, dan instruktur berkualitas juga menjadi kunci keberhasilan lembaga kursus,” jelasnya.

Masbukhin juga mengajak lembaga kursus untuk berkoordinasi dengan tim koordinasi daerah vokasi, yang melibatkan pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat, guna menyusun program yang sesuai dengan kebutuhan lokal.

Praktisi pendidikan nonformal, Megawati Santoso, menggarisbawahi pentingnya kursus sebagai solusi bagi masyarakat yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Hanya sekitar 30% masyarakat usia kerja yang mampu mengakses perguruan tinggi, sisanya bergantung pada kursus untuk mendapatkan keterampilan. Kursus adalah penopang utama SDM bangsa,” tegasnya.

Ia juga menyoroti pentingnya kredibilitas lembaga kursus dalam menyelenggarakan program pelatihan. Menurutnya, kursus harus memastikan kualitas pelatihan yang sesuai dengan standar industri agar lulusan dapat diterima di dunia kerja.

Diskusi ini juga mengangkat tantangan penyelenggaraan kursus di daerah tertinggal dan terpencil. Tatang Muttaqin menjelaskan bahwa pemerintah telah memetakan kebutuhan di 23 daerah tertinggal dan lebih dari 9.500 desa untuk memastikan akses pendidikan nonformal. Ia menekankan pentingnya intervensi pemerintah untuk mendukung daerah yang sulit dijangkau, baik melalui program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) maupun Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

“Kursus di daerah terpencil harus disesuaikan dengan peluang kerja yang ada di wilayah tersebut, sehingga lulusan dapat langsung mandiri dan memperoleh pendapatan yang memadai,” ujarnya.

Untuk itu penting mempersiapkan lulusan kursus dan pelatihan untuk bersaing di tingkat global. Contohnya, di bidang kelautan dan perikanan, lulusan pelatihan diharapkan mampu memenuhi standar internasional agar dapat bekerja di perusahaan global. Selain itu, penguatan keterampilan digital juga menjadi perhatian utama untuk mendorong daya saing di era industri 4.0.

Diskusi ini menegaskan bahwa kursus dan pelatihan memiliki peran strategis dalam mencetak SDM yang kompeten dan adaptif. Kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan lembaga pendidikan nonformal menjadi kunci untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan upaya bersama, diharapkan kursus dan pelatihan tidak hanya menjadi solusi pendidikan, tetapi juga pendorong utama kemajuan bangsa.*** (Penulis: Duma/Editor: Denty A.)

 


 

LKP Enter Kotawaringin Barat Raih Penghargaan Tertinggi Penilaian Kinerja Tahun 2024  ( 20 Desember 2024, Dilihat 1381 kali . )
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Enter Kotawaringin Barat kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan sebagai LKP dengan nilai kinerja tertinggi pada penilaian tahun 2024 dalam acara Gelar Hasil Karya Peserta Didik Kursus dan Pelatihan 2024. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan komitmen LKP Enter dalam menyelenggarakan program pendidikan vokasi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah luar Pulau Jawa yang menghadapi tantangan tersendiri dalam pengembangan pendidikan nonformal.
 

SEAMEO CECCEP Dorong Penguatan PAUD Holistik-Integratif dengan Tiga Inisiatif Inovatif  ( 19 Desember 2024, Dilihat 1220 kali . )
Pada 19 Desember 2024, Southeast Asian Ministers of Education Regional Centre for Early Childhood Care and Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) sukses menyelenggarakan peluncuran Policy Brief pengembangan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) di Asia Tenggara, Modul Pengasuhan Gembira, dan Aplikasi Anaking. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan Ringkasan Kebijakan, Modul Transisi, dan Aplikasi Mobile Anaking. Di sisi lain juga untuk memfasilitasi dialog antar pemangku kepentingan untuk memperkuat kebijakan dan praktik PAUD. Kegiatan di hadiri oleh kepala dinas pendidikan, pimpinan perguruan tinggi, Unit Pelaksana Teknis dan mitra organisasi lainnya.