Sinergi Kursus dan Pelatihan untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu  ( 20 Desember 2024, Dilihat 1328 kali . )

Jakarta, Kemendikdasmen – Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Kursus dan Pelatihan menggelar bincang kursus bertajuk “Sinergi Mewujudkan Pendidikan Bermutu Melalui Kursus dan Pelatihan untuk Semua”. Acara ini menekankan pentingnya kursus dan pelatihan sebagai solusi untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan industri.

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Jenderal dan Vokasi, Tatang Muttaqin, menegaskan pentingnya pendidikan nonformal sebagai pelengkap pendidikan formal. Menurutnya, kursus dan pelatihan memberikan keterampilan praktis yang berorientasi pada kompetensi, terutama bagi individu berusia 15-25 tahun yang tidak dapat melanjutkan pendidikan formal.

“Pendidikan nonformal membantu anak-anak yang telah menyelesaikan pendidikan formal atau mereka yang putus sekolah untuk mendapatkan keterampilan baru yang relevan dengan dunia usaha atau wirausaha,” ujarnya. Selain itu, fleksibilitas pendidikan nonformal memungkinkan peserta didik yang berada di daerah marginal atau terpencil untuk tetap memperoleh akses pelatihan yang berkualitas.

Ia juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga kursus, dunia usaha, dan industri dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung. Selain itu, ia menekankan perlunya penyusunan standar kurikulum berbasis kompetensi dan penguatan peran lembaga sertifikasi profesi untuk menjamin mutu lulusan.

Kolaborasi dengan lembaga sertifikasi profesi menjadi salah satu fokus utama dalam diskusi ini. Sertifikasi kompetensi diharapkan menjadi pengakuan resmi terhadap keterampilan yang dimiliki peserta pelatihan. “Sertifikasi sangat penting, karena selain kualifikasi pendidikan, sertifikat kompetensi menjadi bukti daya saing individu di dunia kerja,” tegasnya

Tatang menyampaikan pentingnya pelatihan bagi instruktur agar keterampilannya tetap relevan dengan perkembangan industri terkini. Pelatihan magang di industri dinilai mampu memberikan pengalaman nyata yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di lembaga kursus.

Di sisi lain, Perwakilan Kadin Indonesia, Masbukhin, menyoroti pentingnya pendekatan berbasis pasar dalam pengelolaan lembaga kursus. Menurutnya, lembaga kursus harus peka terhadap kebutuhan pasar di daerah masing-masing agar program pelatihannya relevan dan memiliki daya tarik.

“Jika jurusan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar, pasti peminatnya akan banyak. Selain itu, pengelolaan yang baik, harga yang sesuai, dan instruktur berkualitas juga menjadi kunci keberhasilan lembaga kursus,” jelasnya.

Masbukhin juga mengajak lembaga kursus untuk berkoordinasi dengan tim koordinasi daerah vokasi, yang melibatkan pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat, guna menyusun program yang sesuai dengan kebutuhan lokal.

Praktisi pendidikan nonformal, Megawati Santoso, menggarisbawahi pentingnya kursus sebagai solusi bagi masyarakat yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Hanya sekitar 30% masyarakat usia kerja yang mampu mengakses perguruan tinggi, sisanya bergantung pada kursus untuk mendapatkan keterampilan. Kursus adalah penopang utama SDM bangsa,” tegasnya.

Ia juga menyoroti pentingnya kredibilitas lembaga kursus dalam menyelenggarakan program pelatihan. Menurutnya, kursus harus memastikan kualitas pelatihan yang sesuai dengan standar industri agar lulusan dapat diterima di dunia kerja.

Diskusi ini juga mengangkat tantangan penyelenggaraan kursus di daerah tertinggal dan terpencil. Tatang Muttaqin menjelaskan bahwa pemerintah telah memetakan kebutuhan di 23 daerah tertinggal dan lebih dari 9.500 desa untuk memastikan akses pendidikan nonformal. Ia menekankan pentingnya intervensi pemerintah untuk mendukung daerah yang sulit dijangkau, baik melalui program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) maupun Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

“Kursus di daerah terpencil harus disesuaikan dengan peluang kerja yang ada di wilayah tersebut, sehingga lulusan dapat langsung mandiri dan memperoleh pendapatan yang memadai,” ujarnya.

Untuk itu penting mempersiapkan lulusan kursus dan pelatihan untuk bersaing di tingkat global. Contohnya, di bidang kelautan dan perikanan, lulusan pelatihan diharapkan mampu memenuhi standar internasional agar dapat bekerja di perusahaan global. Selain itu, penguatan keterampilan digital juga menjadi perhatian utama untuk mendorong daya saing di era industri 4.0.

Diskusi ini menegaskan bahwa kursus dan pelatihan memiliki peran strategis dalam mencetak SDM yang kompeten dan adaptif. Kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan lembaga pendidikan nonformal menjadi kunci untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan upaya bersama, diharapkan kursus dan pelatihan tidak hanya menjadi solusi pendidikan, tetapi juga pendorong utama kemajuan bangsa.*** (Penulis: Duma/Editor: Denty A.)

 


 

LKP Enter Kotawaringin Barat Raih Penghargaan Tertinggi Penilaian Kinerja Tahun 2024  ( 20 Desember 2024, Dilihat 1406 kali . )
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Enter Kotawaringin Barat kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan sebagai LKP dengan nilai kinerja tertinggi pada penilaian tahun 2024 dalam acara Gelar Hasil Karya Peserta Didik Kursus dan Pelatihan 2024. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan komitmen LKP Enter dalam menyelenggarakan program pendidikan vokasi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah luar Pulau Jawa yang menghadapi tantangan tersendiri dalam pengembangan pendidikan nonformal.
 

SEAMEO CECCEP Dorong Penguatan PAUD Holistik-Integratif dengan Tiga Inisiatif Inovatif  ( 19 Desember 2024, Dilihat 1264 kali . )
Pada 19 Desember 2024, Southeast Asian Ministers of Education Regional Centre for Early Childhood Care and Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) sukses menyelenggarakan peluncuran Policy Brief pengembangan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) di Asia Tenggara, Modul Pengasuhan Gembira, dan Aplikasi Anaking. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan Ringkasan Kebijakan, Modul Transisi, dan Aplikasi Mobile Anaking. Di sisi lain juga untuk memfasilitasi dialog antar pemangku kepentingan untuk memperkuat kebijakan dan praktik PAUD. Kegiatan di hadiri oleh kepala dinas pendidikan, pimpinan perguruan tinggi, Unit Pelaksana Teknis dan mitra organisasi lainnya.
 

Kolaborasi Catur Pusat Pendidikan, Perkuat Karakter Generasi  ( 19 Desember 2024, Dilihat 2730 kali . )
Dalam upaya memperkuat karakter dan moral generasi muda Indonesia, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Pusat Penguatan Karakter menyelenggarakan Seminar Kolaborasi Catur Pusat Pendidikan dalam penguatan karakter generasi emas secara holistik dan intergratif dengan organisasi masyarakat Persatuan Islam Istri (Persistri) di Bandung, pada Rabu (18/12).
 

Kemendikdasmen Jaring Aspirasi dari Berbagai Satuan Pendidikan di Riau  ( 19 Desember 2024, Dilihat 2746 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), dalam hal ini Wakil Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen) Fajar Riza Ul Haq melakukan kunjungan ke SMP Islam Terpadu di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdatul Ulama (NU) Riau pada Rabu (18/12). Hal ini dilakukan dalam rangka mendengar aspirasi dari berbagai satuan pendidikan di Pekanbaru, Riau.
 

Bedah Buku Kartini Soroti Semangat Literasi dan Nasionalisme  ( 19 Desember 2024, Dilihat 368 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar acara Bedah Buku Kartini: Hidupnya, Renungannya, dan Cita-Citanya di ruang serbaguna Perpustakaan Kemendikdasmen, Jakarta (19/12). Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat dalam hal kesastraan, menggali lebih dalam pemikiran dan perjuangan Kartini, serta menginspirasi masyarakat untuk menumbuhkan semangat literasi dan nasionalisme yang terkandung dalam tiap tulisan Kartini.
 

Jadi Penopang Kemajuan Bangsa, Kursus dan Pelatihan Berkualitas Mampu Meningkatkan Daya Saing  ( 18 Desember 2024, Dilihat 2122 kali . )
Pendidikan formal dan nonformal tidak perlu bersaing satu sama lain. Jalur pendidikan nonformal seperti kursus dan pelatihan yang berbasis pada kompetensi justru bisa menjawab tantangan kebutuhan kompetensi yang dibutuhkan dunia industri dan dunia usaha (DUDI) yang dinamis. Oleh karena itu, mutu kualitas layanan pendidikan nonformal seperti lembaga kursus dan pelatihan (LKP) harus terus ditingkatkan. Upaya ini sekaligus untuk memastikan layanan pendidikan bermutu untuk semua.
 

Kerja Sama UNS dan NEVCE Australia dalam Percepatan Elektrifikasi Transportasi Publik  ( 18 Desember 2024, Dilihat 2320 kali . )
Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerja sama dengan National Electric Vehicle Centre of Excellence (NEVCE), Australia, melalui proyek Decarbonization Pathways for Indonesia's Buses Infrastructure (DIBI), mendorong percepatan elektrifikasi transportasi publik di Kota Solo. Proyek DIBI merupakan bagian dari kemitraan KONEKSI antara UNS dan University of Canberra (UC), yang ditandatangani pada November 2024 di Canberra, disaksikan oleh Siswo Pramono, Duta Besar Indonesia untuk Australia, serta Mukhamad Najib, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra. Kemitraan KONEKSI ini melibatkan mitra NEVCE, ITP Renewables dan EVENERGI dari Australia.
 

Kemendikdasmen Kembali Raih Kualifikasi Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik  ( 18 Desember 2024, Dilihat 2396 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) kembali meraih kualifikasi Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KI Pusat) pada Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2024 di Jakarta (17/12). Tahun ini Kemendikdasmen mampu meraih Badan Publik Informatif dengan nilai 97,63 dan naik 5,14 poin dari tahun sebelumnya.
 

Gelar Hasil Karya #BaiknyaKursus Wujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua  ( 18 Desember 2024, Dilihat 263 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi terus berinovasi melalui program-program baru yang komprehensif untuk meningkatkan kompetensi serta kualitas lulusan peserta didik yang selaras dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Dalam rangka memperkenalkan serta mempromosikan inovasi dan kreativitas hasil pembelajaran peserta didik, Direktorat Kursus dan Pelatihan menggelar Gelar Hasil Karya Peserta Didik Kursus dan Pelatihan Tahun 2024 di Jakarta, pada Selasa (17/12).
 

Kemendikdasmen Gelar Penganugerahan Penghargaan Pegawai Berprestasi tahun 2024  ( 18 Desember 2024, Dilihat 353 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), melalui Biro Sumber Daya Manusia (Biro SDM), menggelar Penanugerahan Penghargaan Pegawai Berprestasi Kemendikdasmen 2024. Acara ini berlangsung khidmat di Graha Utama Senayan, Gedung A Kemendikasmen, Jakarta.
 

Kemendikdasmen Gelar Karya KPTK 2024 “Inovasi Digital dalam Dunia Perikanan dan Kelautan”  ( 17 Desember 2024, Dilihat 342 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) menyelenggarakan Gelar Karya KPTK 2024 di Gowa pada tanggal 15 s.d 18 Desember 2024. Kegiatan ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada para guru, kepala SMK, dan pengawas SMK yang menghasilkan karya melalui pelatihan upskilling dan reskilling. 
 

Internet dan Judi Online: Ancaman Serius di Era Digital  ( 17 Desember 2024, Dilihat 1477 kali . )
Internet telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, mempermudah aktivitas seperti pendidikan, komunikasi, hingga hiburan. Namun, di balik manfaatnya, ancaman seperti judi online semakin mengkhawatirkan. Menurut data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) 2024, sekitar 4 juta pengguna internet di Indonesia terlibat judi online, termasuk anak-anak. Bahkan, 80.000 anak di bawah usia 10 tahun menjadi bagian dari angka tersebut.
 

Wamendikdasmen Tekankan Penguatan Soft Skill dalam Pembelajaran AI dan Coding di SMK  ( 17 Desember 2024, Dilihat 373 kali . )
Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di era digital, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pengembangan Pembelajaran Artificial Intelligence (AI) dan Coding di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK). Kegiatan ini berlangsung pada 16 s.d. 18 Desember 2024 di Jakarta.
 

Jadi Pembina Upacara di SMA Negeri 1 Cilacap, Mendikdasmen Kenalkan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat  ( 17 Desember 2024, Dilihat 325 kali . )
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu’ti, menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Cilacap pada Senin (16/12). Dalam amanatnya ia memperkenalkan program dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) yaitu 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang akan dimulai pada tahun 2025. Program ini bertujuan untuk membentuk generasi muda Indonesia yang memiliki wawasan luas, kekuatan mental dan spiritual, serta prestasi yang unggul.
 

Kemendikdasmen Terima Penghargaan Best Digital and Social Media Campaign pada IABC Awards 2024  ( 17 Desember 2024, Dilihat 1102 kali . )
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemdikdasmen) berhasil meraih penghargaan Awards of Excellence, kategori Impactful Communications Awards (ICOMMA), sub-kategori Best Digital & Social Media Campaign yang diberikan oleh International Association of Business Communicators (IABC) Indonesia di Jakarta.
 

Integrasi Coding dan AI di Dunia Pendidikan: Langkah Indonesia Menuju Ekosistem Digital Global  ( 16 Desember 2024, Dilihat 5105 kali . )
Indonesia memiliki potensi besar untuk memasuki ekosistem digital global. Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, M. Muchlas Rowi, dalam sambutannya pada kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pengembangan Pembelajaran Coding dan Kecerdasan Buatan pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta, pada Senin (16/12).
 

Kemeriahan Gelaran Penutupan Festival Komunitas Literasi dan Komunitas Sastra  ( 16 Desember 2024, Dilihat 1689 kali . )
Festival Komunitas Literasi dan Komunitas Sastra tahun 2024 telah resmi ditutup oleh Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang juga mewakili Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin di Jakarta pada 12 Desember 2024. Festival Komunitas Literasi dan Komunitas Sastra 2024 telah sukses menggelar Pentas Karya Komunitas Sastra dan Literasi Nasional. Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan evaluasi program Bantuan Pemerintah bagi Komunitas Sastra dan Festival Literasi Nasional Tahun 2024 yang berlangsung serempak pada tanggal 8 s.d. 12 Desember 2024.
 

Wamendikdasmen Paparkan Empat Pilar Pemajuan Peta Pendidikan Indonesia  ( 15 Desember 2024, Dilihat 214 kali . )
Sebagai rangkaian acara kunjungan kerjanya di Kota Padang, Sumatra Barat, Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Fajar Riza Ul Haq, memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UMSB). Dalam paparannya, ia menyampaikan tentang "Peta Perjalanan Pendidikan Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045".
 

Wamendikdasmen Dorong Sinergi untuk Pendidikan Bermutu dan Inklusif  ( 14 Desember 2024, Dilihat 322 kali . )
Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bogor, Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Atip Latipulhayat, menegaskan komitmen Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) untuk menciptakan pendidikan yang bermutu dan dapat diakses oleh semua kalangan. Ia menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah, keluarga, dan masyarakat dalam membangun sistem pendidikan nasional yang inklusif.
 

Wamendikdasmen Sosialisasikan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di Kota Padang  ( 13 Desember 2024, Dilihat 255 kali . )
Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Padang, Sumatra Barat, Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Fajar Riza Ul Haq, mengunjungi SD Negeri Percobaan Padang.  Pada kesempatan tersebut, ia memberi pesan motivasi dan mengajak para peserta didik untuk mengimplementasikan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat.